3 Puisi Terbaik Karya Sapardi Djoko Darmono


Puisi  merupakan sebuah karya sastra yang berisi mengenai banyak hal, puisi lahir dari pemikiran penyair yang dituangka melalui tulisan, puisi umumnya memiliki ritme, irama, deama rima di setiap barisnya, di dalam puisi yang imajinatif dan bagus, di dalamnya terdapat kata yang penuh nilai dan makna tersendiri bagi penyair, puisi sendiri memiliki ciri dalam penggunaan majas yang cukup dominan di setiap baitnya.

Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono lahir pada tanggal 20 Maret 1940 dan waffat pada 19 juli 2020, beliau merupakan seorang bangsawanyang cukup terkenal di Indonesia, melalui karyanya Sapardi Djoko Darmono termasuk sebagai salah satu legenda sastra di Indonesia, beliau terkenal sebagai sastrawan angkatan tahun 1970-an.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan beberapa karya yang cukup bagus dan terbaik dari penyair ternama Indonesia yaitu Sapardi Djoko Darmono, berikut beberapa puisi beliau yang melegenda sepanjang masa.

Hujan Bulan Juni


Tak ada yang lebih tabah
Dari hujan bulan Juni
Dirahasiakannya rintik rindunya
Kepada pohon berbunga itu

Tak ada yang lebih bijak
Dari hujan bulan Juni
Dihapusnya jejak-jejak kakinya
Yang ragu-ragu di jalan itu

Tak ada yang lebih arif
Dari hujan bulan Juni
Dibiarkannya yang tak terucapkan
Diserap akar pohon bunga itu

Hujan Bulan Juni merupakan buku kumpulan puisi yang ditulis oleh Sapardi dari tahun 1964-1994. Karya yang juga diadaptasi menjadi film pada tahun 2017 ini, sukses menarik perhatian penonton.

Karya selanjutnya dari Sapardi Joko Darmono ialah Hatiku Selembar Daun

Hatiku Selembar Daun

hatiku selembar daun melayang jatuh di rumput;
nanti dulu, biarkan aku sejenak terbaring di sini;
ada yang masih ingin kupandang, yang selama ini senantiasa luput;
sesaat adalah abadi sebelum kau sapu tamanmu setiap pagi.

Puisi yang cukup singkat tetapi memiliki makna yang mendalam, beliau menggunakan daun sebagai pemanis keindahan puisinya, puisi tersebut memiliki arti perasaan yang rapuh tetapi menjadi indah melalui majas dan bait yang ada di dalam puisi Hatiku Selembar Daun.

Salah satu puisi lainnya ciptaan Sapardi Joko Darmono ialah puisi yang berjudul Aku Ingin, puisi ini menjadi sangat fenomenal dan cukup digemari oleh kawula muda di Indonesia, melalui bait demi bait, puisi ini mampu menghipnotis pembaca maupun pendengarnya melalui sebuha majas yang indah dan cukup menyentuh jiwa, berikut puisi Aku Ingin Karya Sapardi Joko Darmono

Aku Ingin

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana: 
dengan kata yang tak sempat diucapkan 
kayu kepada api yang menjadikannya abu 

aku ingin mencintaimu dengan sederhana: 
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan 
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Puisi yang cukup singkat tetapi sangat romantis, puisi ini sangat cocok diberikan kepada belahan jiwa kita agar dia merasakan makna cinta yang mendalam dari diri anda melalui puisi Aku Ingin Karya Sapardi Djoko Darmono.

Demikian 3 puisi yang cukup terkenal dan indah dari penyair ternama Indonesia, Sapardi Djoko Darmono, karyanya akan terus melegenda seiring berjalannya waktu, terimakasih yang sudah membaca tulisan ini, jangan lupa bagikan artikel ini melalui media sosial milik kalian semua, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "3 Puisi Terbaik Karya Sapardi Djoko Darmono"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel